Inilah Tempat Wisata Kuliner Di Kaki Gunung Ijen Yang Enak Dan Murah

Bagikanberita.com – Menikmati keindahan tempat wisata kawah ijen dirasa kurang lengkap apabila tidak berkunjung ke tempat wisata kuliner di kaki Gunung Ijen yang enak. Ada salah satu tempat wisata kuliner yang jadi favorit bagi para pengunjung tempat wisata kawah ijen di Jawa Timur tersebut. Warung tersebut adalah warung Bu Im, Apabila Anda ingin mendaki ataupun menuju Kawah Ijen, ada baiknya anda mampir dulu ke warung Bu Im ini. Warung Bu Im letaknya di pos Pal Tuding yang biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan atau para pendaki untuk mengisi perutnya ataupun sekedar minum untuk menghangatkan badan. Warung ini cukup terkenal, karena dari ceritanya warung tersebut adalah warung pertama yang didirikan dikawasan kawah ijen.

 

Gerbang Wisata Alam Kawah Ijen
Gerbang Tempat Wisata Alam Kawah Ijen Di Jawa Timur

Adanya fasilitas penunjang layaknya warung makanan pada kawasan tempat wisata tentu itu sangat diperlukan sekali. Bagi Anda maupun para traveler lain yang mungkin tidak sempat membawa bekal makanan, ada baiknya jika anda mampir ke Warung Bu Im dahulu sebelum anda melanjutkan untuk mendaki Gunung Ijen.

Di pos Pal Tuding Anda bisa temukan tempat wisata kuliner sederhana ataupun warung kuliner. Salah satu diantaranya adalah warung punya Bu Imron atau yang akrab dipanggil “Bu Im”. Warung Bu Im tersebut terasa cukup begitu populer diantara para wisatawan pendaki Gunung Ijen. Konon kabarnya, Bu Im adalah orang pertama yang membuka warung makanan yang berada dikawasan Gunung Ijen ini.

Sebagai seorang perintis warung makanan yang pertama di pos Pal Tuding, Bu Im pun cukup bangga. Karena jejaknya banyak diikuti oleh orang lain yang ingin mendirikan usaha. Saat ini di pos yang juga dijadikan camping ground (area perkemahan) sebelum wisatawan mendaki ke Gunung Ijen itu cukup banyak berdiri warung makan. Makanan yang dijajakan pun tak jauh berbeda dari warung satu dan warung lainya. Salah satu jajanan yang paling disuka oleh para wisatawan (turis) asing adalah pisang goreng hasil buatan Bu Im.

Bu Im pun memberi sebutan “hot banana” (pisang panas). Satu pisang goreng cuma dihargai sekitar Rp 3.000. Bukan hanya itu, Bu Im juga menyediakan berbagai jenis nasi dan juga minuman. Ada nasi campur, nasi goreng, dan nasi pecel. Untuk sepiring nasi campur Bu im mematok harga sekitar Rp 15.000. Minumannya pun juga cukup murah, sebut saja segelas teh hangat yang cuma dihargai sekitar Rp 3.000.

Warung Bu Im sendiri disetiap harinya pun tak pernah sepi dari pengunjung. Terutama pada malam Sabtu atau malam Minggu, atau pun hari libur lainnya. Pernah suatu hari warung bu im merasa kewalahan karena warungnya diserbu oleh banyak pembeli. Bu Im adalah sosok wanita yang tak mau menyerah dengan keadaan. Meskipun dia tak seperkasa para pria yang bekerja di tambang belerang, namun perjuangannya untuk mencari rejeki dengan membuka usaha warung makanan di daerah Gunung Ijen tersebut patutlah diacungi jempol.

gambar warung milik bu im di kawasan kawah ijen
Warung Bu Im Tempat Wisata Kuliner Di Kaki Gunung Ijen

Saat ini warung Bu Im pun semakin berkembang. Bukan hanya berbagai menu makanan yang disediakan untuk para wisatawan, keperluan untuk pendakian lainnyapun  juga telah tersedia di warungnya. Apabila Anda Kebetulan lupa utnuk membawa sarung tangan maka anda tidak perlu khawatir, karena di warung Bu Im tersedia secara lengkap dengan juga harga yang ditawarkan pun tak terlalu mahal.

Warung Bu Im tersebut memang spesial di mata para wisatawan. Terdapat juga, di bagian dapur warung tersebut sudah dilengkapi sebuah tungku perapian yang juga dapat menghangatkan badan para pendaki saat kedinginan. Bu Im merasa cukup terbuka dengan para wisatawan yang mengunjungi warungnya. Dia tak membedakan wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Semua pengunjung warungnya dilayani dengna sangat baik. Tak heran apabila nama warungnya begitu melekat di hati para wisatawan gunung ijen terutama para turis asing. Warung Bu Im sudah sangat melegenda sebagai salah satu tempat wisata kuliner di kaki Gunung Ijen yang lebih tepatnya di daerah Pal Tuding yang juga merupakan salah satu tempat persinggahan sebelum anda melakukan pendakian menuju ke Kawah Ijen.

Sumber : travel.detik.com

Baru Saja Dibaca

jajanan di sekitar kawah ijenkuliner kawah ijenWarung kaki gunungwisata kuliner kawah ijen