Daun Katuk ASI Booster Yang Ampuh

manfaat daun katuk untuk melancarkan asi

manfaat daun katuk untuk melancarkan asi

Bagikanberita.com – Toga adalah sebuah akronim dari Tanaman Obat Keluarga. Banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan obat keluarga. Yang akan kita bahas di sini adalah Daun Katuk. Daun yang satu ini masuk dalam kalangan tanaman toga karena dipercayai khasiatnya bisa memperlancar ASI pada Ibu menyusui. Namun masih banyak yang berasumsi bahwa itu hanya sekedar mitos atau sejenis sugesti saja. Mari kita cari kebenaran khasiat daun katuk!

Apa kandungan Daun Katuk?

Daun katuk atau dengan nama latin Sauropus androgynus. Tanaman jenis sayuran ini banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Daun katuk memang benar dapat membantu produksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini senada dengan yang disampaiakan dr. Fala Adinda seorang dokter laktasi terkemuka. Penjelasannya sebagai berikut. Khasiat daun katuk adalah galaktogo atau lebih populernya sebagai ASI booster yang sangat ampuh kegunaannya.

Selain pada daun katuk, galaktogo biasa ditemukan dalam susu almond atau makanan lain yang berfungsi mempelancar ASI. “ASI ibu menyusui akan terus lancar karena telah mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung galaktogo tadi”. Pungkas Fala dalam jumpa pers “World Breastfeeding Week 2016 di Jakarta Agustus 2016 lalu.

Dalam akhir pernyataannya, dia mengingatkan jika produksi ASI melimpah maka sang ibu harus rajin memberikannya. Kalau banyak produksi tapi tidak mau memberikan akan menjadi tidak berguna. Kelak otak akan mampu memberikan batasan ASI yang dibutuhkan, sehingga ASI yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan saja. Jadi sebuah fakta jika khasiat daun katuk memang pelancar ASI.