Spesifikasi Yamaha All New R15,Dijajal dan Diluncurkan Vinales di Sentul

Bagikanberita.com – Seorang Pebalap di MotoGP dari Yamaha, Maverick Vinales, hadir di Sirkuit Internasional Sentul untuk mengenalkan produk terbaru Yamaha yaitu All New R15, pada Senin (23/1). Vinales didaulat menjadi brand ambassador untuk produk yang disebut sebagai Baby R6 itu.

Pebalap MotoGP Movistar Yamaha Maverick Vinales, hadir di Sirkuit Sentul untuk meluncurkan produk terbaru Yamaha All New R15, Senin (23/1). (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

Pebalap MotoGP Movistar Yamaha Maverick Vinales, hadir di Sirkuit Sentul untuk meluncurkan produk terbaru Yamaha All New R15, Senin (23/1). (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

Pada peluncuran motor itu, Vinales juga didaulat untuk uji kendara All New R15 bersama dengan beberapa pebalap asal Indonesia seperti Galang Hendra dan Imanuel Putra Pratna.

“Saya menikmati berkendara dengan all New R15, rasanya menyenangkan. Saya biasa mengendarai motor MotoGP dan motor ini cukup sama rasanya seperti yang biasa saya kendarai. Akselerasinya cukup bagus,” ujar Vinales kepada awak media setelah selesei test drive.

Sama Halnya denga yang di ucapkan, Minoru Morimoto (Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia) percaya bahwa Yamaha bisa perkuat pangsa pasar model sport dengan All New R15, dan juga ini akan menjadi model motor sport yang cukup digemari di kelasnya.

“Saya senang dapat berjumpa Anda di Sirkuit Internasional Sentul. Sirkuit Internasional Sentul sangat unik dan penting untuk aktivitas kami. Hari ini kami dengan bangga meluncurkan sepeda motor premium terbaru, sangat menyenangkan dapat meluncurkan All New R15 bersama dengan rider hebat Maverick Vinales,” kata Morimoto.

Desain All New R15 sendiri mengadopsi DNA dari Yamaha R-Series yang mengedepankan desain Super Sport.

Motor berbadan meruncing dan juga stabil itu telah menggunakan rangka Deltabox yang sangat kokoh dan New-Design Aluminium Rear Arm yang bobotnya ringan. Kombinasi tersebut memberikan pengendalian motor yang sangat stabil, dengan distribusi berat dengan perbandingan 50:50.

All New R15 akan jauh lebih aerodinamis dari model R15 yang keluar sebelumnya. Motor 155cc itupun juga sudah dibekali hazard lamp untuk keadaan darurat, yang dipasang berdasarkan masukan dari komunitas R-Series yang biasa melakukan touring.

Dari sisi performa, All New R15 dibekali teknologi Variable Valve Anctuation (VVA), yang bisa buat tenaga mesin makin besar tapi bahan bakar tetep irit.

“Motor All New R15 ini tidak hanya soal power. VVA membuat tenaga mesin meningkat 20 persen dari sebelumnya,” Kata Katsumitsu Wakamatsu (Presiden Direktur Yamaha Motor R&D Indonesia)  yang ikut hadir pada jumpa pers di sirkuit Sentul.

Selain itu Dyonisius Beti, yang menjabat sebagai Executive Vice President Director, Chief Operating Officer PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, menginformasikan akan segera umumkan penjualan produk tersebut dan harga yang akan dibanderol di pasaran.

“Memang haru ini perkenalan produk, produksi masal dan penjualan diperkirakan semester satu tahun 2017. Target minimum 7.500 unit penjualan per bulan,” tutur Dyonisius.

Bicara soal harga, pihak YIMM belum bisa membukanya. Morimoto menuturkan, harga pembukaan akan disampaikan pada saat motor tersebut benar-benar siap untuk dipasarkan.

Akan tetapi, sebagai gambaran Yamaha R15 pada saat ini (sebelum diperbarui) dibanderol dengan kisaran harga Rp31,3 juta. Saingan dari R15 dari Honda yakni Honda CBR150R dibanderol Rp32,9 juta. Selain itu Suzuki yang baru saja meluncurkan motor sportnya yang 150 cc dijuluki sebagai Suzuki GSX-R150 dihargai Rp27,9 juta.

Berikut ini adalah spesifikasi All New R15;

Overall Length x Wodth x Height : 1990 x 725 x 1135mm
Seat Height : 815 mm
Wheelbase : 1325 mm
Wet Weight : 137 kg
Engine Type : Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Cylinder : Arrangement: Singke Cylinder
Cylinder Volume : 155.1 cc
Bore x Stroke : 58×58.7 mm
Compression Ratio : 11.6 : 1
Maximum Power  : 14.2 kW / 1.000 rpm
Maximum Torque : 14.7 Nm / 8.500 rpm
Starting System : Electric
Tank Capacity : 11 liter
System : Fuel Injection
Clutch Type : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size : 100/80-17M/C 52P (front), 140/70-17M/C 66S (rear)

Baru Saja Dibaca

yamaha all new r15 di tegal apakah sudah keluar?